web analytics

Komunitas Bogor Peringati Hari Sumpah Pemuda Melalui Aksi Bersama untuk Perubahan Iklim

01
Nov

Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober selalu menjadi refleksi dan momen mengisi ulang daya semangat kepemudaan. Berbeda dari biasanya, Komunitas Bogor bersinergi bersama untuk mengajak pelajar, mahasiswa dan juga pemuda untuk mengampanyekan serta melakukan aksi nyata untuk perubahan iklim.

Mengusung kegiatan bernama Fun Bike for Climate, berbagai Komunitas Bogor seperti Young On Top Bogor, Bogor Local Guide, Celah Teduh, Google Crowdsource Bogor, Urban Sakola, CPROCOM Green and Social Movement, Sharp Generator, SMA Kornita dan Kementerian Lingkungan Hidup BEM KM IPB mengajak 50 pemuda-pemudi pada hari Minggu (30/10/2022) untuk mengunjungi destinasi ekowisata Kota Bogor seperti Hutan Cifor dan Situ Gede lalu belajar mengenai pertanian organik di Patani Organik.

Project Officer Fun Bike for Climate Andre Akbar menyampaikan bahwa kegiatan lintas komunitas diinisiasi oleh Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Pangan (KRKP) yang bekerja sama dengan Bogor Ngariung yang merupakan wadah komunitas pegiat perubahan di Bogor dengan didukung oleh PT Sharp Indonesia, CPROCOM, PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor dan Perumda Pasar Pakuan Jaya.

“Aksi bersama ini bisa terwujud atas kerja sama KRKP dan Bogor Ngariung yang memiliki kerja sama mengenai kampanye dan aksi bersama perubahan iklim,” kata Andre.

Andre yang juga merupakan Wakil Ketua YOT Bogor dan Pengurus Bogor Ngariung menambahkan bahwa Fun Bike for Climate adalah upaya bersama untuk mengajak pemuda-pemudi mengenal peran Hutan Cifor dan Situ Gede sebagai benteng pertahanan alam dalam menghadapi pemanasan global dan perubahan iklim.

“Kami sengaja membuat kegiatan yang menyenangkan dengan mengunjungi destinasi-destinasi ekowisata agar pemuda-pemudi dapat interest dengan isu perubahan iklim dan mau ikut serta menjaga lingkungan untuk menghadapi perubahan iklim. Destinasi-destinasi ini merupakan rute paket wisata Local Genius dari Baik Heritage,” tambahnya.

Peserta Fun Bike for Climate juga diajak mengunjungi destinasi-destinasi ekowisata di Bogor dengan sepeda agar dapat mereduksi emisi karbon. Tidak hanya itu, peserta Fun Bike for Climate juga diajak belajar bertani di lahan pertanian Patani Organik.

atani Organik sendiri merupakan kegiatan pertanian organik yang memanfaatkan lahan tidur di tengah perkotaan. Berlokasi di jalan lingkar Perwira, Babakan, Kec. Dramaga, Kabupaten Bogor, Patani Organik tetap konsisten melakukan aktivitas bertani dengan konsep organik sejak 2005 meski berada di antara bangunan-bangunan perumahan, indekos dan apartemen.

Di Patani Organik, peserta Fun Bike for Climate mendapatkan penjelasan mengenai pertanian organik dari Bapak Pandi.  Bapak Pandi menjelaskan bahwa konsep organik dipilihnya karena memikirkan konsumen yang menikmati hasil olahannya.

“Pertanian organik itu adalah pertanian yang serba cukup dan tidak menggunakan zat kimia. Konsep itu saya pilih agar masyarakat yang menikmati makanan saya bisa sehat dan tanah juga sehat,” katanya.

Setelah berkeliling menggunakan sepeda ke berbagai tempat, peserta Fun Bike for Climate kembali ke Bambukeun Cafe untuk menikmati sajian hiburan dari Grup Musik Akar Bambu dan Gelar Wicara yang membahas Peran Pemuda dalam Isu Iklim.

Leave a Comment