web analytics

Inovasi Pemerintah Daerah dalam Pembiayaan Pertanian

22
Jul

Pelaksanaan desentralisasi di Indonesia telah mendorong lahirnya inisiatif daerah untuk melakukan berbagai perbaikan dalam penyelenggaraan pemerintahan. Berdasarkan hasil penelusuran, sampai dengan tahun 2007, sekitar 5% pemerintah daerah (dari 400 Kabupaten/Kota) telah melakukan berbagai upaya perbaikan dalam penyelenggaraan pemerintahan yang sering diistilahkan dengan reform. Bahkan beberapa daerah diantaranya menjadi model (best practice) dalam perubahan penyelenggaraan pemerintahan sekaligus perbaikan dalam pelayanan publik.

Secara umum, fokus beberapa kajian mengenai proses reform di daerah yang ada saat ini adalah pada bentuk-bentuk reform penyelenggaraan pemerintahan. Misalnya, berupa perampingan organisasi pemerintah daerah, restrukturisasi dalam penganggaran daerah, perencanaan pembangunan partisipatif, dan peningkatan dalam pelayanan publik (TIFA: 2005, Prasojo: 2004, Eko; 2008, dan Leisher and Nachuk; 2006).

Secara sektoral, kajian mengenai reform dalam sektor cenderung terkonsentrasi dalam reform pelayanan administrasi dan pelayanan dasar. Pelayanan administrasi misalnya, dalam pelayanan kependudukan dan ijin usaha. Sedangkan pelayanan dasar misalnya pelayanan di bidang kesehatan dan pendidikan.

Selengkapnya

English EN