web analytics

Duta Petani Muda

Apa itu Duta Petani Muda?

Duta Petani Muda (Young Agriprneurs Ambassador) merupakan pemilihan agripreneur muda yang sukses dan inovatif untuk mempromosikan agribisnis sebagai jenis usaha yang menjanjikan di kalangan anak muda. Inisiatif ini berangkat dari kekhawatiran berbagai lembaga yang tergabung dalam jaringan AgriProFocus atas menurunnya minat anak muda untuk terjun ke dunia pertanian.

Ikhtiar ini terbukti sangat efektif mengangkat citra pertanian melalui role model dan showcasing usaha agribisnis inovatif yang dirintis anak muda. Setelah pemilihan, para petani muda ini aktif mempromosikan pertanian ke anak muda lain sekaligus mendapatkan mentoring untuk

Penyelenggara, Pendukung, Sponsor, dan Knowlede Partner

Duta Petani Muda digagas oleh koalisi anggota jaringan AgriProFocus Indonesia pada tahun 2014, dan telah diselenggarakan pada 2014, 2016, dan 2018. Konsorsium penyelenggara Duta Petani Muda 2018 terdiri dari AgriProFocus Indonesia, KRKP, KAIL Workout.ID, Perkumpulan PIKUL, dan Oxfam di Indonesia.

Pada tahun 2018, program ini didukung dan difasilitasi oleh Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia serta didukung dalam hal pembinaan usaha para Duta Petani Muda oleh Bank Indonesia.

Para sponsor adalah Academies Australasia Institute dan Yayasan KEHATI. Para knowledge partner adalah Agra.id, ASPPUK, GambaranBrand, ICCO Cooperation, Interstellar, I-Grow, Truvalu.

Tujuan

  1. Mempromosikan agribisnis sebagai sektor yang menjanjikan di kalangan anak muda dengan menempatkan agriprenuer muda di depan sebagai role model.
  2. Memperkuat kapasitas agripreneur muda yang bekerja bersama komunitas petani di pedesaan meningkatkan usahanya secara berkelanjutan.
  3. Meningkatkan kebanggaan terhadap sektor pertanian dengan mencitrakan pertanian modern dan inovatif melalui pemanfaatan teknologi.
  4. Mempromosikan gender dalam rantai nilai pertanian.
  5. Menghubungkan berbagai organisasi yang memiliki ketertarikan mendorong pertanian di kalangan anak muda untuk berkolabosari.

Rangkaian Kegiatan

Program Duta Petani Muda terdiri dari rangkaian kegiatan yaitu:

  1. Launching kegiatan (25 Mei 2018) Berbentuk talkshow dengan mengundang berbagai pelaku di sektor pertanian dan media massa.
  2. Pendaftaran (25 Mei – 17 September 2018) Calon Duta Petani Muda mengirim CV, esai, surat rekomendasi, video profil yang berisi cara calon peserta membuat orang lain tertarik ke pertanian dengan latar belakang lokasi usaha.
  3. Roadshow (Juli – September) Roadshow ini akan dibarengi dengan diskusi ataupun pelatihan seputar pertanian, seperti pendidikan melek keuangan (financial literacy training), pertanian kota (urban farming) dan koperasi.
  4. Seleksi Duta Petani Muda dan Video Vote (18 September – 10 November 2018)
  5. Terdiri dari seleksi kelengkapan administrasi, penilaian esai, dan wawancara. 30 besar akan dipilih untuk masuk tahap wawancara dan video voting.
  6. Pelatihan kepada 10 Duta Petani Muda terpilih (26 – 30 November 2018) Sepuluh Duta Petani Muda akan mendapatkan kesempatan pelatihan terkait social entrepreneurship, pembangunan karakter dan kepemimpinan, kemampuan mengelola usaha, dan juga materi-materi pertanian berkelanjutan.
  7. Pemilihan Duta Petani Muda Terbaik dan Awarding (1 Desember 2018) Tiga Duta Petani Muda akan dipilih sebagai peserta pelatihan terbaik dan diumumkan pada acara awarding.
  8. Kunjungan belajar ke Australia (Februari 2019) Untuk memperkuat usahanya, ketiga Duta Petani Muda Terbaik akan diberikan pendampingan usaha selama satu tahun.
  9. Membentuk Jejaring Petani Muda (November 2018 – Februari 2019)
  10. Mentoring Usaha (Januari – Desember 2019)

Program

Program Duta Petani Muda memadukan kampanye dengan cara kekinian dan penguatan keterampilan bisnis agripreneur muda agar menjalankan usahanya dengan cara-cara berkelanjutan (social entrepreneur) serta sesuai dengan tantangan zaman.

Kampanye

Aktivitas kampanye dirancang melalui beberapa tahapan seperti perumusan pesan, pemetaan target audience, pemilihan kanal, serta pelibatan tokoh publik dan media masa. Pesan-pesan yang dibawa program ini tidak hanya digaungkan melalui berbagai kanal online, tetapi juga diintegrasikan dalam kegiatan-kegiatan offline Duta Petani Muda seperti launching, roadshow, dan awarding event.

English EN